/KBA Indah Madani: Kampung Berseri Astra Bukan Sekedar Cerita

KBA Indah Madani: Kampung Berseri Astra Bukan Sekedar Cerita

(Gambar/Visit KBA Se Sumatra Di KBA Indah Madani Pekanbaru 4 Maret 2019)

Gersang !!

Barangkali itulah yang ada dibenak Achenk Mirshal saat memutuskan pindah kekelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Mata Achenk seakan buram saat musim kemarau maupun saat hujan datang bertandang membasahi perkampungan barunya. Tidak ada embun yang menggantung didedaunan, Tidak pula ada teduh dan rindang yang menentramkan karena tidak ada pohon yang tumbuh dan berkembang.

Dari kegelisahan itu achenk membangunkan kepedulian bersama warga untuk menanam pohon. Dimulai dari seratus pohon, pohon-pohon itu kini tumbuh subur dan menghijau disetiap sudut perkampungan yang berlokasi ditengah kota pekanbaru itu. Mengintip sepotong kesungguhan achenk dan warga, PT. Astra International. Turun tangan memberikan kesempatan pada RW4 kekelurahan Tangkerang Labuai, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru untuk dapat memberdayakan segala potensi yag ada melalui program sosial Kampung Berseri Astra (KBA). kemudian pada tahun 2017 terbentuklah KBA Indah Madani di RW4 kekelurahan Tangkerang Labuai Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru.

(Gambar/Kunjungan Penggiat Blog)

Sore itu saat sepoi angin saut-sautan diantara dedaunan orang-orang datang silih berganti mengunjungi KBA Indah Madani. mulai dari mamak-mamak, Penggiat Sosial, Penggiat media, mahasiswa maupun dari kalangan pemerintah. kampung ini seolah tidak pernah redup ditengah pesatnya pertumbuhan beton kota.

Dan diantara apa yang dapat dikunjungi selain memandang hijaunya KBA Indah Madani adalah suksesnya produk pengolahan Industri Kecil Menengah Indah Madani (IKM Madani) sebagai bagian dari program KBA PT. Astra International, dibidang kewirausahaan. Produk itu bernama Sabun Cair Madani (SCM) Sabun cuci piring yang sepenuhnya dikelola oleh warga setempat.

(Gambar/Proses Pembuatan SCM)

Pendampingan pembuatan sampai proses pemasaran yang diberikan melalui pelatihan dan pendanaan dimanfaatkan oleh pak achenk dan warga setempat untuk dapat menghasilkan pemasukan tambahan bagi mamak-mamak disenggah waktu mengurus aktivitas rumah tangga.

(Gambar/Artis Grittt Agatha Menyaksikan Proses Pembuatan SCM)

Texapon adalah salahsatu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan sabun karena memiliki sifat surfaktan yang dapat mengangkat lemak dan kotoran. Texapon yang berada diplastik tangan pak achenk ditungkan ke dalam ember yang sudah berisi air.

(Gambar. Ember yang berbentuk vertikal dituangkan texapon sedangkan ember yang horizontal dituangkan sodium)

lalu diember yang satunya, sodium-bahan lain pembuatan sabun yang reaktif juga dituangkan pada ember yang berisi air. masing-masing ember diaduk sampai merata. Butuh waktu pengadukan lebih kurang setengah jam.

(Gambar/Proses penyatuan zat yang sudah merata dengan air)

Setelah merata dan hancur. Dua ember itu dituangkan kedalam satu wadah yang sama. Boleh dari ember sodium ke ember texapon atau boleh pula dari ember texapon ke ember sodium.

(Gambar/penuangan pewarna)

Selepas itu ditambahkan pewarna dan pewangi agar bentuk cairan lebih tampil memikat dan mewangi. Untuk warna lebih diprioritaskan warna hijau karena selain memikat, Safety juga menjadi alasan utama agar tidak disalah gunakan oleh anak-anak.

(Gambar/proses pengadukan)

Proses pembuatan terakhir adalah pengadukan. Proses pengadukan ini juga berlangsung lebih kurang setengah jam sampai zat itu benar-benar menyatuh dengan sempurna.

(Gambar/Pak Achenk Menjelaskan Produk SCM)

Sampai hari ini IKM Madani tetap berjalan sebagaimana mestinya. Diterimah konsumen dengan beragam ukuran dan harga seperti ukuran 450 ml : Rp. 9.000, Ukuran 1 liter : Rp. 13.000, Ukuran 250 ml : Rp. 5.000 dan Ukuran 5 liter : Rp. 50.000.

ukuran dan harga dalam produk SCM Madani itu telah sampai ke dapur-dapur warga dipekanbaru, kerumah makan, restoran sampai keindustri kecil menengah lainnya yang ada dikota-kota. Automatically, meningkatkan pendapatan warga setempat dari 4-5 juta perbulan.

(Gambar/Pak Achenk Bersama Mamak-mamak KBA Indah Madani)

Disisi kewirausahaan yang lain, KBA Indah Madani juga sukses membuat kerajinan tangan yang bernilai tinggi. kerajinan itu juga dilakukan oleh mamak-mamak yang ada di KBA Indah Madani dengan menggunakan limbah koran dan suvenir dari benang kur.

(Gambar/Mamak-mamak KBA Indah Madani Merangkai Kerajinan Tangan)

Tidak sampai disana program KBA PT. Astra International yang meliputi kewirausahaan, Lingkungan, Pendidikan dan kesehatan juga terjelma di KBA Indah Madani yang kini menjadi bagian dari 81 KBA yang ada ditanah air.

Dibidang pendidikan ada beasiswa prestasi yang diberikan kepada anak-anak yang berpotensial. Beasiswa itu bernama Beasiswa Lestari Astra yang dapat diterimah dari jenjang sekolah dasar sampai menengah keatas dengan catatan jangan sampai tertingal kelas.

(Gambar/ Novi Triyanti Zebua Salahseorang Peserta Penerima Beasiswa Lestari Astra Yang Mendapatkan Juara Di Sekolah Yang Berasal Dari KBA Indah Madani)
(Gambar/Taman Baca Indah Madani Sebagai Tempat Kegiatan Pengetahuan dan Keterampilan Bagi Anak-anak KBA Indah Madani)
(Gambar/Tamu Yang Berkujung Mengabadikan Momen Di Taman Baca KBA Indah Madani)

Dibidang lingkungan, selain pepohanan yang rindang ada penerapan hendroponik, budaya menghijaukan tanaman disekeliling rumah dengan menggunakan medium air yang dapat dikonsumsi. Lazimnya tanaman, Hendroponik KBA Indah Madani juga memerlukan pupuk tetapi pupuk yang digunakan berasal dari sisa sayuran dan sisa potongan buah yang di olah menggunakan cairan M4

(Gambar/Mahasiswa dan Duta Lingkungan Berkunjung)

Dibidang kesehatan posyandu KBA Indah madani kini sudah menggunakan digitalisasi. Aplikasi digital yang merekap data anak-anak posyandu. Dari aplikasi tersebut terlihat grafik perkembangan anak. jika ada perkembangan grafik yang tidak normal akan terbaca, dari grafik itu dapat dideteksi dini penyakit apa yang dialami anak. bagaimana pengobatan dan pencegahannya sampai konsultasi kedokter.

(Gambar/Seorang anak sedang diukur dan diperiksa diposyandu KBA Indah Madani)

Di KBA Indah Madani dilarang merokok didalam rumah karena asap rokok yang terperangkap dapat meracuni orang-orang yang ada dirumah itu sendiri, terutama anak-anak dan ibu yang sedang mengandung atau melahirkan. Dan jika ada warga yang kedapatan membuang puntung rokok sembarangan di area KBA Indah Madani maka didenda dengan pot bunga yang kemudian dapat digunakankan untuk pot penghijauan di area KBA Indah Madani.

(Gambar/Peringatan Kesehatan)
(Gamba/Mamak-mamak KBA Indah Madani Senam)

Dan sampai kini KBA PT. Astra International, Pak Achenk (Kader KBA), Warga KBA Indah Madani terus berbenah dan meningkatkan segala potensi yang ada sebagai bagian dari menciptakan perkampungan yang hijau, cerdas, produktif dan sehat. Sebagai contoh KBA Indah Madani bukan sekedar cerita melainkan tentang semangat dan kepedulian !!!