/Backpacker Ketiga Negara; Singapore, Malaysia Dan Thailand, Kenapa Tidak?

Backpacker Ketiga Negara; Singapore, Malaysia Dan Thailand, Kenapa Tidak?

Dunia itu tidak selebar daun kelor dan tidak sebundar tempurung. Dunia itu luas. Penuh dengan budaya dan perbedaan. Kamu perlu mengenal dan mengunjungi beberapa negara yang ada dibelahan bumi. Tidak perlu dengan budget yang tinggi karna ini bukan tentang gengsi dan sensi melainkan tentang pengetahuan dan pengalaman. Barangkali sepotong tulisan ini dapat membangkitkan gairah petualanganmu untuk mengunjungi tiga negara ini

1.Singapore

(Gambar/viator.com)

Singapore is a high-income economy in asia. Salahsatu yang medongkrak pertumbuhan ekonomi singapore adalah tourism. Untuk itu, singapore memberikan kemanjaan dan kemudahan bagi para wisatawan mancanegara termasuk dari indonesia.

Kita dapat mengunjungi singapore melalui bandara yang ada dikota provinsi kita. Untuk ongkosnya pun relatif lebih murah ketimbang terbang dari aceh ke balikpapan atau dari irian jaya ke surabaya. Pasti jauh lebih murah dari jakarta ke singapore atau dari sumatera, kalimatan bahkan sulawesi ke singapore. Kenapa demikian, boleh jadi karna singapore menjadi pusat transit penerbangan internasional dikawasan asia tenggara.

Sesampainya kamu di changi airport singapore kamu akan merasakan sensani yang luar biasa karna di changi airport itu sudah seperti mall yang dilengkapi oleh segala merek dan accesoris dunia. Kamu dapat berbelanja sepuasnya. Namun untukmu para pecinta backpacker kamu dapat menikmati mineral water gratis, wife gratis, nonton film bioskop gratis, Air terjun di bandara, Kolom Ikan, taman bunga matahari dan taman-taman lainnya. Semuanya ada dan semuanya dapat kamu nikmati secara cuma-cuma. Dan jangan takut tersesat karna sudah ada maps digital dan peta kertas yang tersedia. Tinggal minta saja ke receptionisnya. Kalau tidak bisa bahasa inggris, kamu cukup berbahasa indonesia. Mereka pasti mengerti.

Setelah itu kamu dapat keluar dan mencari penginapan disekitaran stasiun lavender karna lokasi disana cukup strategis serta ramai sedia hostel yang murah meriah dengan harga 150.000 Rupiah per/malam plus sarapan pagi. Untuk menuju kesana kamu cuma memerlukan tiket e-zlink commuter line dengan harga 12 Dolar singapore yang dilengkapi 7 Dollar Saldo. Tiket itu juga dapat kamu gunakan untuk mengelilingi kota dengan busway.

Sesampainya di penginapan kamu dapat istirahat sejenak untuk kemudian dapat mengujungi Merlion Park, Marina Bay Sands, Gardens By The Bay, Mesjid Sultan dan seterusnya. Untuk lokasinya pun tidak jauh dari lavender. Eits tapi jangan buang sampah sembarangan, menyebrang sembarangan, minum atau makan di Commuter Line dan Busway karna kamu dapat didenda jutaan rupiah jika ketahuan.

2.Malaysia

(Gambar/ paulreife.com)

Setelah puas di singapore, kamu boleh membeli tiket di Gedung Golden Mill Complek Singapore menuju malaysia. Untuk harga tiketnya sekitar 170 Ribuan dan alangkah baiknya jika kamu berangkat ditengah malam agar kamu tidak mengeluarkan cost penginapan. kamu cukup tidur di bus dan sampai pada shubuh hari di Terminal Bersepadan Selatan malaysia. Namun kamu perlu memastikan kalau paspor kamu ada dikantong celanamu karna dalam perjalanan kamu akan melewati dua imigrasi. Yakni imigrasi keluar singapore dan imigrasi masuk singapore.

Dari Terminal Bersepadan Selatan kamu beli tiket Commuter Line seharga 2.4 Ringgit menuju KL Center, Jantung Kota Malaysia. Sesampainya disana kamu dapat berkeliling dengan bus kota merk Malaysia GO KL dengan gratis. Tapi kalau kamu mau ke menara petronas, batu chave atau Ke genting highlands kamu mesti merogokocek seharga 2-8 ringgit. Disana kamu dapat menikmati sensasi mall, casino terbesar di asia tenggara atau menaiki kereta gantung dengan harga 7 ringgit sekali jalan. Dan jika kamu ingin menginap dimalaysia ada baiknya kamu menginap didaerah bukit bintang. Selain tempatnya strategis harganya juga murah.

3.Thailand

(Gambar/sethlui.com)

Namun jika kamu tidak mau menginap kamu boleh langsung kembali ke Terminal Bersepadan Selatan, menuju Hatyai Thailand dengan harga tiket 60 ringgit. Dari hatyai ke Krabi 250 Buth (100.000)an. Krabi ke phuket 160 Buth (72.000)an. phuket ke bangkok (300.000)an dengan pesawat terbang. Kalau lewat darat tentunya lebih murah. Dari bangkok bolehlah langsung kembali kekota masing-masin.

Namun jangan lupa menyinggahi Municipal Park dan Wat Hat Yai Nai di Hatyai. Demikian pula di Krabi dan Di Bangkok ada Royal Grand Palace, Wat Arun Dan seterusnya. Berdasarkan pengalaman yang didapat penulis, untuk mengujungi tiga negara ini selama lima hari penulis tidak sampai menghabiskan umr satu bulan dikota penulis.